Sambutan Kepala Sekolah SMK Cordova pada acara Temu Waki Murid

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Yang terhormat Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Zahra Hajain K.H. Zacky Fuad Abdillah.

Yang Kami Hormati K.H, Ahmad Yasir, Dewan Penasehat Yayasan Al-Zahra Hajain

Yang kami hormati  KH. AL-Habib A. Farid Assegaf selaku dewan Pengawas Yayasan Al Zahra Hajain

Yang kami hormati  Drs. H. Utoyo Dhimyati, M.Ag selaku dewan Pengawas Yayasan Al Zahra Hajain

Yang kami hormati Ketua Dewan Pengurus Yayasan Al-Zahra Hajain H. Sudiyono, Mpd.

Segenap dewan Guru SMK Cordova, Bapak-bapak dan Ibu-Wali Murid SMK Cordova yang dimuliakan Allah.

 

Marilah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memeberikan kita banyak nikmat yang tidak terhitung, khususnya nikmat Iman Islam dan Nikmat sehat walafiat.

 

Tidak lupa juga sholawat dan salam marilah kita limpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang menuntun kita dari jaman kegelapan sampai jaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni diterangi dengan Ilmu pengetahuan melalui pendidikan seperti lembaga pendidikan ini, semoga kita diberika syafaat di yaumil akhir, amiim yaa Robbal ‘Alamiin.

 

Hadirin-hadirat yang dimuliakan Allah

Pertama-tama selaku penyelenggara acara pada pagi ini, kami menyampaikan ribuan terima kasih atas kesediaan para hadirin dan hadirat untuk untuk hadir dan memberikan dukungan kepada acara Temu Wali Murid pagi ini. Tanpa dukungan dan kehadiran Bapak dan Ibu tentu saja acara ini tidak akan bisa berjalan.

Selain itu kami mohon ribuan maaf apabila masih ada kekurangan dan kekhilafan dalam penyelenggaaraan acara pagi ini, baik yang kami sengaja ataupun tidak.

Hadirin-hadirat yang dimuliakan Allah

Dalam kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan beberapa hal terkait dengan perkembangan dan prospek sekolah SMK Cordova ini. Yang pertama kami ingin menyampaikan sekali lagi bahwa Sekolah SMK Cordova ini merupakan sekolah kejuruan yang berbasis pesantren. Oleh karena itu sesuai dan visi dan misi kami, sekolah kami selalu memfokuskan dalam seluruh aktifitasnya pada pendidikan kompetensi dan moral. Kami menjalankan pendidikan sesuai dengan kompetensi jurusan yang kami selenggarakan yaitu di bidang farmasi, multimedia dan teknik sepeda motor, dalam waktu bersamaan kami juga didik anak-anak agar mempunyai karakter keagaamaan, akhlaqul karimah dan perilaku keagamaan yang diajarkan oleh agama kita.

Alhamdulillah kegiatan belajar dan mengajar (KBM) Tahun Ajaran 2015-2016 ini telah berjalan hampir dua bulan dengan lancar dan baik berkat dukungan semua pihak, baik dari segenap jajaran struktur pengurus Yayasan Al Zahra Hajain dan tidak terkecuali dukungan dari bapak dan ibu wali murid. Mohon doa dan restunya agar kami semakin kuat dan Istiqomah serta sabar dalam membina, mendidik, memberikan pengajaran dan pelajaran yang terbaik kepada putra-putri tercinta bapak dan ibu sekalian sehingga kelak dikemudian hari menjadi anak yang berguna bagi agama, Nusa, Bangsa dan Negara ini.

Perjalanan masih panjang, kami sekali lagi juga mohon dukungan dan kerjasama bapak dan ibu selaku orangtua siswa untuk saling mendidik anak-anak kita dengan pendidikan yang mulya. Bapak dan ibu memberikan pendidikan di rumah dan Kami menjalankan pendidikan formal di sekolah. Kedua sistem pendidikan tersebut harus terhubung dan terkait sehingga akan terwujud suatu keindahan dan keseimbangan dalam melakukan kewajiban kita sebagai orang tua.

 Bapak ibu wali murid yang saya hormati.

Salah satu kunci terpenting bagi keberhasilan sistem pendidikan adalah kedisiplinan. Oleh karena itu kami sangat serius memperhatikan aspek ini apalagi kami sebagai sekolah SMK yang berbasis pondok pesantren merasa mempunyai tanggung jawab dalam memberikan pendidikan moral dan akhlaq yang mulia kepada siswa kami.

Salah satu contoh kecil dari pendidikan moral yang kami ajarkan adalah etika berpakaian. Kami mengajarkan kepada anak-anak kami agar mengenakan pakaian yang islami, rapih dan sopan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kami juga mengajarkan kepada anak-anak didik disiplin menjalankan ajaran agama Islam yang benar dan menjalankan akhlaq yang mulia tidak hanya saat bersekolah tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu perangkat penting untuk membudayakan hal-hal yang baik tersebut dalam sistem pendidikan adalah melalui tata tertib dan aturan-aturan kedisiplinan. Buku kecil berisi tata tertib siswa sudah ada di tangan bapak dan ibu sekalian. Mohon bantuan bapak dan ibu sekalian untuk bersama-sama mengawal anak-anak kita agar bisa membudayakan disiplin tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Bapak ibu wali murid yang saya hormati.

Kami juga menjalankan kegiatan ekstra kurikuler sekolah yang terutama ditujukan untuk mendukung dan memperkuat pendidikan kelas dan di samping itu untuk meningkatkan pembangunan karakter anak (character building) serta peningkatan moral keagamaan. Beberapa kegiatan sudah mulai berjalan seperti pramuka, kegiatan sosial donor darah, kelompok bahasa dan beberapa cabang olah raga.

Beberapa kegiatan ekstra yang kita rencanakan masih belum dimulai seperti les pendukung pelajaran, pengajian al-Quran dan perkemahan. Khusus tentang pengajian al-Quran kami melihatnya merupakan kegiatan yang sangat penting terutama untuk anak-anak seumur pelajar SMK ini, oleh karena itu kami akan menyelenggaran kegiatan tersebut di sekolah terutama untuk siswa-siswi yang berdomisili tidak terlalu jauh dari sekolah. Untuk siswa-siswi yang berdomisili relatif jauh dari sekolah, kami sekali lagi mohon bantuan bapak dan ibu wali murid agar mengarahkan anak-anaknya untuk ikut pengajian al-Quran di masjid, musholla atau guru ngaji terdekat.

Beberapa kegiatan ekstra yang kita rencanakan juga ada yg sifatnya wajib seperti Kunjungan Industri dan Praktek Kerja Industri. Kegiatan-kegiatan tersebut, mohon maaf, memang memerlukan dukungan biaya tambahan. Kami dari sekolah terus berupaya melakukan efesiensi biaya agar biaya bisa dirasionalkan. Namun yang lebih penting dari itu, kami berusaha memberikan yang terbaik buat anak-anak bapak dan ibu sekalian.

Bapak ibu wali murid yang saya hormati.

Salah satu tugas dunia pendidikan saat ini adalah harus mampu menjawab tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan kehidupan yang berkembang. Ada dua tantgangan penting yang saat ini ada di depan mata kita. Yang pertama adalah berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean akhir tahun 2015 ini. Negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dll akan menjadi satu dimana perdagangan, baik barang atau jasa, lalu lintas tenaga kerja tidak lagi menjadi sulit. Tenaga kerja asing akan mudah memasuki Indonesia dan produk-produk ASEAN juga akan bebas memasuki pasar kita.

Jika anak-anak didik kita tidak mampu bersaing maka akan tersingkir. Jika produk-produk kita kalah bersaing maka akan tidak ada yang memakai.

Kami melihat bahwa upaya paling penting dalam mempersiapkan anak didik memasuki pasar bebas tersebut adalah dengan menguatkan kemampuan berbahasa asing, karena bahasa adalah kunci segalanya. Maka kami di SMK Cordova pada tahun mencanangkan sebagai “Tahun Penguatan Bahasa Asing’ khususnya bahasa Inggris. Kami insya Allah akan menguatkan kemampuan berbahasa asing kepada anak-anak didik kami.

Tantangan yang kedua adalah tuntutan dunia kerja kepada kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi. Dulu guru SMK cukup D3 ke bawah, sekarang guru sekolah menengah ke atas diharuskan mempunyai strata pendidikan S1. Begitu juga dunia kerja di bidang kesehatan, dulu tenaga kesehatan cukup tamatan SMK tetapi ke depan sesuai UU Pemerintah nomor 26 tahun 2014 tenaga kesehatan diharuskan tamatan D3 sedangkan tamatan SMK hanya bisa menduduki Asisten Tenaga Kesehatan.

Menyikapi hal ini, kami ingin menyampaikan kepada bapak dan ibu sekalian bahwa ini tuntutan zaman dan dunia pekerjaan. Jika kita ingin meraih peluang pekerjaan yang lebih baik maka diperlukan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bukan berarti tamatan SMK tidak ada peluang bekerja. Tamatan SMK sudah siap untuk bekerja dan peluang bekerja tetap ada, tetapi peluang kerja yang lebih baik saat ini juga harus didukung jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Inilah slogan yang sering didengungkan bahwa SMK BISA, artinya BISA BEKERJA dan LABIH LAGI BISA MELANJUTKAN PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI.

Bapak ibu wali murid yang saya hormati.

SMK Cordova ke depan akan terus berbenah diri, baik dari segi materi pendidikan dan sarana dan prasarana. Mohon doa dan dukungan dari Bapak dan Ibu sekalian agar kami bisa istiqomah memberikan yang terbaik buat anak-anak Bapak Ibu sekalian.

 

Bapak ibu wali murid yang saya hormati.

Jam Masuk

Senin selasa 13.20

rabu kamis 14.45,

jumat 11.20

sabtu 1400.

Farmasi ada praktikum sampai jam 16.30 maksimal.

Laptop tidak wajib.

 

Bapak ibu wali murid yang saya hormati.

Kita sebagai orang tua ingin melihat anaknya menjadi anak yang dapat dibanggakan. Tentu itu tidak cukup hanya dengan menitipkan di lembaga sekolah seperti SMK Cordova ini. Peran bapak ibu di rumah tetaplah sangat penting. Sekolah hanya memberikan pendidikan dari pagi sampai siang hari saja, maka kiranya juga harus ada kegiatan di rumah yang relevan untuk mengimbangi pembelajaran di sekolah. Terutama Bapak Ibu yang saya hormati Mohon agar anak-anak dijaga dari pergaulan lingkungan yang kurang sehat. Sekian Sambutan dari Saya selaku Kepala Sekolah semoga bermanfaat kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya terima kasih..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.. 

 

SMK Cordova | Alamat: Jalan Polgarut Selatan RT/RW 05/02, Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah 59154 | Phone:(0295) 4150339 Email: smkcordova@gmail.com